25 Mei 2009

Link 'n Match 2009

On Thursday, May 14, 2009
Program share knowledge peluang kerja dunia IT untuk lulusan SMK

Oleh Ago Wawaludin
Deputi Dept. Head-Office Solution Service Support PT. Astragraphia Tbk

...STRATEGI MENDAPATKAN PELUANG KERJA DI BIDANG IT UNTUK LULUSAN SMK...

Technologi Management
Dikenal dengan IT Outsourcing, antara lain:

>> Desktop Maintenance Support
Memberikan layanan pemeliharaan Information Technologi, misalnya PC

>> Help Desk
Memberikan pelayanan (problem solving), yang dimaksud dengan teknik problem solving yaitu diawali dengan pencatatan problematika kemudian diukur kecepatan dalam merespon selanjutnya penilaian.

>> Asset Management
Pencatatan terhadap data, misalnya pencatatan jumlah PC pada perusahaan tertentu

>> Resource & Training
Sebagai base training IT

>> IT Security
Bertanggung jawab atas keamanan dari Information Technologi tersebut

>> Network LAN/ WAN
Memanage Jaringan LAN/ WAN


Ragam Kompetensi
Meliputi kebutuhan Perusahaan di bidang IT sebagai berikut:
  1. System Engineer/ Analyst (menguasai infrastruktur hardware, software, dan design)
  2. Desktop Support Engineer
  3. Help Desk Engineer
  4. Network/ Server Engineer
  5. Programmer Developer

Secara umum dan pada umumnya, peluang pertama bagi seorang lulusan SMK Jurusan IT yaitu menjadi seorang Desktop Support Engineer, maka dalam Link & Match 2009 tersebut narasumber hanya menguak seputar Desktop Support Engineer yang secara detailnya adalah sebagai berikut:

Desktop Support Engineer merupakan interface antara user dengan corporate/ company dan merupakan sumber informasi dari sebuah Perusahaan, untuk itu seorang Desktop Support Engineer:
  1. As admissibility person artinya memiliki kemampuan yang bisa diakui
  2. Merupakan komunikator yang efektif
  3. Dan juga merupakan troubleshooter yang baik

Dan adapun kemampuan secara umum yang harus dimiliki oleh Desktop Support Engineer adalah:
  1. Keahlian yang cukup
  2. Pelayanan yang prima (ramah)
  3. Berbakat dalam berkomunikasi
  4. Multitasking job
  5. Good Aptitude
  6. Melakukan update/ pembaharuan/ pengembangan potensi diri secara continue
  7. Mempunyai kapasitas sebagai troubleshooter

Kendala Bagi Lulusan SMK Jurusan IT
  1. Perkembangan IT yang begitu cepat sehingga “cukup sulit” untuk bisa segera diadaptasi oleh kurikulum sekolah
  2. Wawasan, skill, pengalaman, dan komunikasi yang dianggap masih perlu ditambahkan bila dibandingkan dengan lulusan Perguruan Tinggi
  3. Ada persyaratan pendidikan minimum setingkat Perguruan Tinggi yang diterapkan di Perusahaan IT

Ada kendala tentunya ada nilai positif, yaitu:

Nilai Positif Bagi Lulusan SMK Jurusan IT
  1. Mempunyai kemampuan analisa dan troubleshooting berdasarkan pengalaman dalam kelas praktek
  2. Dapat siap bekerja di perusahaan sebagai IT 1st Level
  3. Mempunyai knowledge IT yang lebih baik dibandingkan dengan SMK Jurusan non IT, sehingga dapat “start” lebih cepat bila melanjutkan pendidikan IT di Perguruan Tinggi

Competitive IT Worker
  1. Perilaku
  2. Komunikasi
  3. Pengalaman Kerja
  4. Pendidikan/ Knowledge

...In Conclusion... Semoga Bermanfaat
Let’s Begin !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar